Blog.AnakDepok

Karena Anak Depok Juga Punya Banyak Cerita

Prioritaskanlah Waktumu Dengan Sebaik Mungkin

Prioritaskanlah Waktumu Dengan Sebaik Mungkin

Semenjak diputusin pacar 2 tahun yang lalu, aku menjadi banyak berfikir tentang waktu yang sudah aku buang percuma ketika masih pacarana dulu. Maklum lah dulu aku pacaran cukup lama, tepatnya 8 tahun. Kerugian terbesarku ketika pacarana adalah waktu yang sudah terbuang sia – sia. Itulah sebabnya saat ini aku tidak akan membuang waktu yang berharga ku ini secara Cuma – Cuma. Jadi aku putuskan untuk memulai memprioritaskan waktu yang tersisa ini dengan sebaik mungkin.

Ingat, kita semua punya jatah hidup yang berbeda – beda. Ada saatnya nanti masa hidup kita ini akan habis. Jadi manfaatkanlah waktu yang tersisa ini dengan bijak. Oke lah, waktuku, masa muda ku sekaligus masa hidupku yang berharga sudah terbuang selama 8 tahun. Dan semenjak saat itu aku pastikan tidak akan melakukan hal yang sama untuk kedua kalinya.

Aku mulai memprioritaskan dengan siapa aku akan menghabiskan waktuku, masa mudaku, dan masa hidupku yang tersisa ini dengan sebaik yang aku bisa. Tentu saja waktu bersama keluarga ku menjadi prioritas utama dan tidak ada yang bisa menggantikan waktuku bersama dengan keluargaku.

Prioritaskanlah Waktumu Dengan Sebaik Mungkin

Setelah keluarga baru pekerjaan, Waktu yang aku habiskan untuk pekerjaan akan kugunakan sebaik mungkin untuk membuat diriku ini berkembang menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Syukur – syukur bisa bermanfaat untuk manusia lainya. Karena sebaik – baiknya manusia adalah yang bisa memberikan manfaat kepada manusia lainya.

Setelah keluarga dan pekerjaan barulah aku menghabiskan waktuku bersama teman – teman dan liburan. Tentu saja teman disini adalah teman yang juga bisa membuatmu berkembang, yang menyejukan hatiku, yang menguatkan hati ku, sekaligus melapangkan hatiku, dan yang terakhir adalah yang akan menolongku di dunia dan akhirat.

Jelas teman seperti ini adalah species langka dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Tapi itu tidak masalah bagiku, karena itu lebih baik dari pada aku harus menghabiskan waktuku yang tersisa ini untuk berkumpul bersama teman – teman yang ingkar serta menjauhkan aku dari agamaku.

Banyak yang bilang aku sombong karena telah aku sudah tidak bersedia untuk diajak nongkrong atau hanya sekedar bersenda gurau bersama kawan – kawanku dulu. Aku tidak sombong, aku hanya menyadari bahwa umurku akan berkurang disetiap detiknya. Dan aku tidak akan membuang – buang waktuku lagi bersama dengan orang – orang yang tidak memberikan manfaat untuk dunia dan akhiratku, Itu saja.

Prioritaskanlah Waktumu Dengan Sebaik Mungkin

Sebenarnya secara alamiah manusia akan selalu memilih teman yang memiliki kemiripan denganya dalam hobi, kecendrungan, kebiasaan, pandangan, dan pemikiran. Dulu waktu aku masih SMA aku memiliki teman yang sangat akrab tetapi sekarang aku sama sekali tidak akrab denganya. Bukan karena kami bermusuhan tetapi karena kami sudah tidak satu pandangan dan satu pemikiran.

Aku berfikir bagaimana caranya agar aku bisa berkembang sementara teman SMA ku itu masih berfikir bagaimana cara untuk bersenang – senang dan menghabiskan malam minggu bersama gebetan. Dari sini jelas aku memiliki perbedaan yang mencolok denganya dan hal ini jugalah yang membuatku menjadi tidak dekat denganya seperti dulu.

Dulu kami bisa dekat karena aku dan dia sama – sama memiliki pemikiran yang sama. Jadi jelas aku tidak peduli dengan apa yang mereka katakan tentang aku. Karena sebenarnya aku tidak dihisap berdasarkan prasangkamu tetapi aku dihisap berdasarkan apa yang aku perbuat. Terakhir aku ingin mengingatkan beberapa surat yang terdapat pada Al Quran tentang pertemanan.

Teman – teman karib pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, Kecuali mereka yang bertaqwa” – Surat Al-Zukhruf,Ayat 67
Dia menyeru pada sesuatu yang (sebenarnya) bencananya lebih dekat daripada manfaatnya. Sungguh, itu seburuk – buruknya penolong dan sejahat – jahatnya kawan.” – Surat Al-Hajj, Ayat 13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *